Friday, April 27, 2012

4 Makanan Penghancur Lemak Perut

Sudahkah Anda mempunyai tubuh yang ideal? Bila sudah, bersyukurlah Anda. Karena banyak di antara Anda mempunyai masalah dengan tubuhnya, apakah tubuh yang kurus atau justru tubuh yang terlalu
gemuk. Masalah yang sering timbul pada banyak orang adalah berat badan.

Lemak di bagian tubuh mana yang menurut Anda paling sulit dienyahkan? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab lemak perut. Dalam kenyataannya, olahraga pun tidak akan mudah melawan lemak di bagian ini. Yang paling parah, lemak mendalam yang menutupi daerah perut juga lebih mengancam kesehatan daripada lemak di bagian tubuh yang lain. Penyakit jantung, diabetes mellitus tipe 2, dan bahkan kanker payudara adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan lemak perut.
Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan "kunci" yang bisa membantu Anda menyusutkan lemak di perut. Jika Anda sudah melakukan olahraga secara teratur, coba tambahkan usaha Anda mengonsumsi jenis makanan yang mampu membakar lemak lebih cepat:

Serat
Makanan seperti oatmeal dan buncis mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyusutkan lemak perut dengan berbagai cara. Makanan ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang daripada makanan rendah serat, dan membutuhkan waktu mencerna lebih lama untuk membuat Anda merasa kenyang.

Protein
Fungsi protein kurang lebih sama dengan serat, yaitu dapat memperpanjang rasa kenyang. Hal ini karena protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna daripada buah-buahan dan sayuran. Salah satu sumber protein yang juga mengandung vitamin B12 adalah telur. Makanan ini penting untuk memecah sel-sel lemak.
Buncis dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang panjang, kacang polong, dan lain-lain) juga merupakan sumber protein yang baik dan memiliki manfaat ekstra karena juga diperkaya dengan serat. Meskipun demikian, Anda perlu memilih jenisnya karena kacang yang digoreng lagi juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sementara itu, kacang yang dipanggang juga mengandung gula.

Enzim
Buah-buahan seperti pepaya dan nanas diperkaya dengan enzim yang dapat membantu memecah protein agar dapat dicerna dengan lebih baik. Makanan yang mengandung enzim, seperti buah segar dan sayuran, memberikan peluang bagi hati dan pankreas untuk mengeluarkan lebih banyak racun. Selain itu, buah-buah tersebut juga mengubah lemak yang tersimpan di perut menjadi tenaga bagi tubuh. 

Lemak sehat
Makanan berlemak tidak selalu menyebabkan perut jadi buncit. Hal ini tergantung dari jenis lemak yang Anda konsumsi. Lemak tak jenuh tunggal, misalnya, mampu meningkatkan metabolisme dan mengubah lemak perut menjadi energi.
Makanan yang kaya dengan lemak sehat ini antara lain minyak zaitun dan alpukat. Minyak zaitun secara khusus tidak hanya membantu Anda membakar lemak, tetapi juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Anda juga bisa ngemil makanan, seperti kacang almond, yang tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga menjadi sumber protein yang memberikan efek membakar lemak. Almond juga membantu mencegah sakit perut akibat lapar.

Adalah bijaksana bila kita memilih dan mengkonsumsi makanan sesuai yang dibutuhkan tubuh.
Karena setiap orang berbeda beda  kebutuhan akan nutrisinya. Terkadang seseorang memerlukan 
asupan kadar serat yang lebih tinggi, ada pula yang memerlukan asupan protein yang lebih tinggi.






Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Dapatkan Info Kesehatan Terbaru langsung di email anda...

Delivered by FeedBurner